«

»

Keluarnya Iblis Dari Surga

BagikanPin on PinterestShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr

e6Allah SWT telah berulangkali memerintahkan iblis untuk bersujud kepada Adam AS serta memberikan penjelasan kenapa harus sujud kepada Adam AS, akan tetapi iblis selalu menolak dengan berbagai alasan. Penolakan iblis ini menjadikan iblis terusir dari Surga, sebagaimana firman-Nya:

Allah berfirman: “Turunlah kamu dari Surga itu, karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk yang hina”. (QS. Al A’raaf, 7:13).

Allah berfirman: “Keluarlah kamu dari Surga itu sebagai yang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi Neraka Jahannam dengan kamu semuanya”.(QS. Al A’raaf, 7:18).

Allah berfirman: “Keluarlah dari Surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat”. (QS. Hijr, 15:34-35).

Allah berfirman: “Maka keluarlah kamu dari Surga, sesungguhnya kamu adalah yang terkutuk. Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan”.(QS. Shaad, 38:77-78).

Permohonan Iblis Kepada Allah SWT

Karena iblis diusir dari Surga, maka iblis memohon kepada Allah agar diberi umur yang panjang (ditangguhkan) maksudnya janganlah iblis dan anak cucu iblis dimatikan sampai hari kiamat sehingga iblis berkesempatan menggoda Adam dan anak cucunya atau agar dia tidak diazab dari sekarang melainkan diberikan kebebasan hidup sampai hari berbangkit.

Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan”.(QS. Al A’raaf, 7:14).

Berkata Iblis: “Ya Robb-ku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan. (QS. Hijr, 15:36).

Dia (iblis) berkata: “Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil”. (QS. Al Israa, 17:62).

Iblis berkata: “Ya Robb-ku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan”.(QS. Shaad, 38:79).

Permohonan iblis kepada Allah SWT agar dipanjangkan umurnya (ditangguhkan) dikabulkan, sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :

Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.” (QS. Al A’raaf, 7:15).

Allah berfirman: “(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk yang diberi tangguh, sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan. (QS. Hijr, 15:37-38).

Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk yang diberi tangguh sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat)”. (QS. Shaad, 38:80:81).

BagikanPin on PinterestShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>