«

»

Agar Dicintai Alloh SWT

BagikanPin on PinterestShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr

y15Ada Tiga Cinta yang Harus Diwujudkan agar Dicintai Alloh, yaitu:

1. Cinta Terhadap Sang Pencipta (hablun minalloh)

Wujud dari kesadaran sebagai makhluk Alloh, manusia berusaha untuk selalu mengadakan hubungan baik dengan Alloh, berupa hubungan ritual (ibadah) dengan-Nya. Seorang pemeluk agama merasa yakin bahwa dengan selalu mengadakan hubungan baik dengan Tuhan, maka hidupnyapun akan baik. Dengan kata lain, bahagia tidaknya hidup seseorang sangat tergantung kepada hubungan baik tidaknya terhadap Alloh.

Cinta kepada Alloh adalah cinta makhluk atau hamba kepada Kholik (Pencipta)-nya, dengan jalan mengakui tanpa ragu akan kebesaran- Nya dan mematuhi secara konsekwen segala titah perintah-Nya. Apa yang diperintahkan-Nya dilaksanakan dan apa yang dilarang- Nya dihindari. Cinta terhadap Alloh ini tidak bisa terlepas dari yang disebut sebagai akhlak dan keimanan.

2. Cinta Terhadap Sesama Manusia (hablun minannas)

Dalam ajaran Islam, cinta terhadap sesama manusia tidak bisa lepas dari rasa cintanya terhadap penciptanya. Karena dalam ajaran Islam, cinta terhadap Tuhan yaitu terhadap Alloh SWT, juga berarti cinta terhadap sesama manusia sebagai ciptaan-Nya, karena hal ini berkaitan dengan yang namanya akhlak.

Rasa cinta terhadap sesama manusia tidak bisa lepas dari kemanusiaan. Ajaran Islam menyatakan, bahwa kemanusiaan itu merupakan satu kesatuan, walaupun berbeda-beda namun semua itu menuju satu tujuan yaitu untuk membentuk satu masyarakat. Berjenis-jenis dalam keserasian, berlainan pendapat untuk saling melengkapi satu sama lain dalam mencapai tujuan, supaya dengan begitu ia cocok pula untuk saling melengkapi dengan alam, untuk membentuk wujud yang satu pula. Sebagaimana Alloh berfirman :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan engkau sekalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan engkau sekalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya engkau sekalian saling mengenal. Sesungguhnya orang- orang yang paling mulia di antara engkau sekalian disisi Alloh ialah orang-orang yang paling takwa di antara engkau sekalian. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS Al-Hujurat, 49 : 13).

3. Cinta Terhadap Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup, yang berupa alam sekitar, baik berupa udara, air, tumbuh-tumbuhan, hewan dan lain-lainnya merupakan prasarana kehidupan yang harus tetap terpelihara keserasiannya. Maka segala yang dapat merusak lingkungan harus dicegah, karena dapat berakibat kehidupan yang tidak bersih, tidak tertib dan tidak aman. Itulah sebabnya Islam melarang, bahkan mengutuk orang-orang yang melakukan aktivitas yang dapat merusak lingkungan hidupnya. Islam mengajarkan ummatnya agar mengasihi semua binatang dan melarang ummatnya untuk menyiksa binatang. Karena binatang juga merupakan makhluk ciptaan Alloh. Tidak membunuh mereka untuk kesenangan, dan tentu saja tidak boleh melukai dan menyiksa mereka. Bahkan sebagai salah satu sumber makanan, kita juga harus menghormati mereka dengan berdo’a, dengan tidak membunuh mereka lebih dari yang kita makan.

Islam dalam ajarannya mengatakan, bahwa manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari alam semesta yang saling dukung- mendukung dengan seluruh bagian alam itu dan karena individu- individu manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan dan selaras dengan seluruh alam semesta ini, maka tidak boleh ada ketidakselarasan antara satu dengan yang lainnya.

Untuk Membuktikan Cinta kepada Alloh, Ada Beberapa Hal yang Perlu Kita Persiapkan, antara lain adalah:

1. Lengkapi Diri Kita Dengan Iman Yang Kuat

Memiliki pribadi yang dilandasi iman yang kuat tidak bisa ditandingi oleh kekuatan lain selain iman kepada-Nya. Sebagai orang yang memiliki iman yakni percaya kepada Alloh dan Rasul-Nya, maka kita wajib hukumnya senantiasa memperkuat iman kepada Alloh. Jadi tidak hanya asal di KTP tertulis beragama Islam. Sebagai hamba Alloh yang menginginkan kesejahteraan hidup di Dunia dan Akhirat, yang pastinya kita mendambakan surga Alloh (janatullah) di Akhirat kelak, maka kita wajib memiliki iman yang kuat kepada Alloh. Iman kita berfungsi untuk menggapai cinta Alloh, ridho Alloh, yang berujung kepada surganya Alloh. Itulah sebabnya kita wajib dan harus senantiasa berusaha untuk memperkuat iman kita kepada Alloh. Semoga kita semua termasuk kedalam hamba-hamba-Nya yang senantiasa berada dalam ketetapan naungan Iman dan Islam- Nya yang teduh.

2. Ikhlas Dalam Beramal

Ikhlas yang dimaksud dalam hal ini adalah ikhlas dalam beramal, untuk apa? Untuk menggapai cinta Alloh tadi. Pokoknya, amal baik apapun, kalau dilaksanakan dengan ikhlas, semata-mata karena Alloh, karena perintah-Nya insya Alloh kedepannya akan menghasilkan balasan yang terbaik. Untuk itu marilah kita belajar untuk ikhlas dalam beramal.

3. Siapkan Kebaikan Internal Dan Eksternal Pada Diri Kita

Kebaikan internal yaitu berupaya keras untuk melaksanakan ibadah wajib dan sunnah, contohnya “qiyamul lail (sholat malam), shaum (puasa) sunnah seperti apa yang sudah diajarkan Rosululloh”. Selain itu kebaikan internal lainnya yaitu tilawah (membaca) Al- Qur’anul Karim, sebagai Nuurun Qolbu wa Hayyatan Thoyyibah (Penerang hati dan Penghidupan yang baik), serta haus akan ilmu, tholabbul ‘ilmu naafii’atun fid dunya wal akhiroh (menuntut ilmu yang berguna bagi dunia dan akhirat). Sedangkan kebaikan eksternal adalah buah dari ibadah yang kita lakukan kepada Alloh, dengan ke- istiqomahan menerapkannya dalam setiap langkah di bumi Alloh ini dan di setiap tarikan nafas di sepanjang kehidupannya diisi dengan niat, ucapan yang benar serta amal sholeh dan amal sholeh selamanya.

Dengan itu, insya Alloh kita akan menggapai cinta dan keridho’an Alloh SWT. Dunia ini bagi orang beriman adalah ladang beramal sholeh dan akhirat akan menjadi panen bagi mereka. Mereka berjalan dengan memakai sarana syukur kepada-Nya, hingga sampai pada anugerah-anugerah yang dikeluarkan dari perbendaharaan simpanan-Nya. Sesungguhnya Dia Raja Yang Maha Mulia”.

April 2013

BagikanPin on PinterestShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>